Webinar Beasiswa 2021 DPD DKI Prajaniti “Everyone Can Get A Scholarship.”

Bagikan

DPD DKI Prajaniti kepengurusan tahun 2020 – 2025 pada tanggal 14 Februari 2021 jam 14:00 WIB telah mengadakan kegiatan Webinar dengan mengusung tema EVERYONE CAN GET A SCHOLARSHIP dan mendapat animo yang sangat luar biasa serta diikuti oleh 90 peserta tidak hanya dari Jabodetabek tetapi juga diikuti dari luar Jabodetabek, seperti Bali, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Malang, bahkan peserta ada yang dari Sulawesi Tenggara.

Kegiatan webinar beasiswa ini adalah salah satu dari program kerja yang disepakati saat Lokasabha ke II DPD Prajaniti DKI dari Bidang Pendidikan dan Sumber Daya Manusia yang menggawangi tentang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk warga Hindu di DKI Jakarta.

Pada webinar ini diisi oleh 4 narasumber, yaitu : I Putu Sudiana, SE, SST, Ak., MPS, PhD, lulusan STAN dan S3 nya diperoleh menggunakan beasiswa LPDP, memaparkan program beasiswa yang terdapat di luar negeri dan di dalam negeri salah satunya adalah LPDP yang bisa dimanfaatkan oleh warga Hindu. I Putu Sudiana mengatakan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya ,kita sebagai generasi penerus harus memiliki motivasi untuk meraih kesempatan yang ada (baca: beasiswa) serta yang diberikan kepada kita, dan belajarlah untuk bersosialisasi karena dengan cara itu merupakan salah satu cara kita untuk memperluas wawasan dan cara pandang kita dengan berbagai kacamata dan sudut pandang dari berbagai macam orang, apabila kita hanya melihat satu sudut pandang dari kacamata kita sendiri, maka sudut pandang kita dan wawasan kita pun akan terus pada kubikal yang kecil.

Narasumber yang kedua adalah Ni Putu Putri Puspitaningrum, S.Psi yang mendapat beasiswa S2 UI profesi Psikolog Klinis Anak dari Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) tahun 2019-2020 menceritakan pengalaman pendidikannya menempuh S1 hingga S2 dengan beasiswa. Putri sapaan akrabnya yang sedang menempuh pendidikan S2 Profesi dari Universitas Indonesia ini mengatakan bahwa pendidikan itu tidak mengenal asal usul kita dari mana, mampu atau tidak mampu, pendidikan itu untuk diraih dan buatlah mimpi dan tujuan kita dalam hidup, karena berawal dari mimpi dan tujuan lah kita dapat membuat planning dalam hidup kita.

Selanjutnya narasumber ketiga adalah I Dewa Ayu Dwika Puspita Dewi, S.Psi., MSc menceritakan pengalamannya saat mendapat beasiswa S2 dari LPDP tahun 2016 yang ternyata pada awalnya pernah gagal saat di awal mengikuti seleksi LPDP, namun kegagalan tersebut tidak membuat patah arang justru memotivasi dirinya untuk memperbaiki diri agar bisa memperoleh beasiswa LPDP dan meneruskan pendidikan S2 di luar negeri. Dwika sapaan akrab yang berprofesi sebagai dosen program studi Psikologi Universitas Bali Dwipa mengatakan kalimat motivasi kepada peserta bahwa diri kita saat ini adalah hasil dari kebaikan yang dilakukan di masa lalu (baca: karmaphala). Untuk pribadi yang lebih baik lagi, teruslah menanam kebaikan. Ingatlah bahwa banyak bantuan, doa dan kebaikan orang lain yang akan mengantar kesuksesan mu.

Dan narasumber keempat adalah I Nyoman Widia, seorang dosen Agama Hindu di STAN dan Universitas Pancasila dan biasa dikenal sebagai Happiness Motivator mengusung tema “Andapun Bisa Memperoleh Beasiswa.” dalam pemaparannya. Beliau mengatakan dirinya seorang pemburu beasiswa dari kecil bahkan beasiswa terakhir yang diterima pada tahun 2015 dari negara untuk mengikuti Lemhannas.

I Nyoman Widia menyampaikan kepada peserta bahwa mendapatkan beasiswa itu mudah asal Anda yakin. Mulailah belajar untuk berpikir yang baik, berkata yang baik, dan bersikap yang baik, karena apa yang dimulai dengan baik akan menghasilkan hal yang baik.

Menurut ketua panitia Webinar Beasiswa 2021 yang sekaligus menjabat sebagai wakil ketua bidang Pendidikan dan Sumber Daya Manusia DPD DKI Prajaniti DKI Jakarta, Wahyu Surya Jaya Negara, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi DPD DKI Prajaniti kepada warga Hindu khususnya yang berada di Jabodetabek agar terbangun awareness bahwa jika ingin memiliki masa depan yang baik, maka salah satu pondasi yang harus dimiliki adalah pendidikan. Namun sayangnya biaya pendidikan tiap tahun semakin naik, sehingga banyak dari kita mengubur mimpi untuk memperoleh pendidikan yang tinggi, dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan terbangun pula kesadaran banyak jalan menuju “roma” (baca: memiliki impian pendidikan yang tinggi) salah satunya yang bisa kita manfaatkan adalah beasiswa.

Selanjutnya ketua DPD Prajaniti DKI Jakarta, Made Widhi Adnyana Surya Pratita, mengatakan dalam sambutannya bahwa banyak sekali warga kita belum mengakses beasiswa, khususnya dari pemerintah yaitu LPDP. Sedangkan dana abadi LPDP saja di tahun 2020 adalah Rp.51,12Triliun. Ketua DPD DKI Prajaniti mengajak peserta yang hadir untuk memiliki pendidikan yang baik dan mengakses beasiswa yang tersedia agar memiliki banyak pintu karir untuk masa depan yang lebih baik.

Dalam kegiatan Webinar Beasiswa 2021 ini, peserta sangat antusias dan semangat mengikuti serta bertanya kepada narasumber berkaitan beasiswa, cara mendapatkannya, pengalaman kuliah di luar negeri dan tips agar bisa lolos mendapatkan beasiswa sehingga waktu 4 jam Webinar tidak terasa oleh peserta.

Kegiatan ini juga melibatkan organisasi kemasyarakatan Hindu seperti, Prajaniti Pusat, Suka Duka Hindu Dharma DKI, Pasraman DKI, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu kampus sehingga diharapkan kegiatan ini bisa sebagai sinergitas antar organisasi kemasyarakatan Hindu.

[telah dibaca 64 kali]


Bagikan