Rangkaian Kegiatan HUT ke-53 Prajaniti

Bagikan

Prajaniti Hindu Indonesia memasuki usia ke-53 tahun pada 19 Juni 2021. Untuk memeriahkan pelayaan HUT Prajaniti di tengah pandemic covid-19 ini, DPP Prajaniti pada awal Mei 2021 mengirim surat himbauan kepada DPD dan DPC Prajaniti di seluruh wilayah Indonesia untuk mengadakan berbagai kegiatan, dengan harus tetap menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan dan memakai logo “53 Tahun Prajaniti”.

Dalam surat edarannya DPP Prajaniti merekomendasikan beberapa kegiatan yang memungkinkan dapat dilaksanakan, yaitu:

  1. Bhakti Pengetahuan, misalnya mengadakan dharma tula atau seminar (webinar);

  2. Bhakti Kemanusiaan, misalnya donor darah, pembagian paket sembako kepada warga, dsb;

  3. Bhakti Lingkungan, misalnya kerja bhakti bersih-bersih lingkungan seperti pembersihan sampah plastik, penanaman pohon, dsb.

  4. Syukuran Ulang Tahun dengan Tumpengan dan Doa Keselamatan bagi kehidupan bersama.

Himbauan DPP Prajaniti mendapat respon positif dari para Pengurus DPD dan DPC. DPD Prajaniti Jawa Barat mengadakan serangkaian kegiatan yang melibatkan juga masyarakat, dengan fokus pada pemberian beasiswa.

DPD Prajaniti bekerja sama dengan DPP Prajaniti membentuk Panitia 53 Tahun, yang pimpin oleh Wije Sharma selaku Ketua dan Komang Agus Sukra Adnyana selalu Sekretaris. Panitia mengadakan serangkaian kegiatan, yaitu:

  1. Gerakan membagi “Buku Saku Spiritual Generasi Emas Hindu Nusantara”, lebih dari 2.000 buku, untuk memperkuat sradha warga Hindu khususnya generasi milenial;

  2. Rangkaian 4 webinar selama satu bulan penuh di bulan Juni 2021, dengan beragam topik;

  3. Syukuran Ulang Tahun dengan Tumpengan dan Doa Keselamatan, yang akan diadakan di Pura Mustika Dharma, Cijantung, Jakarta Timur, pada Sabtu, 19 Juni 2021.

“Rangkaian kegiatan ulang tahun ini diadakan untuk memperkuat komitmen layanan organisasi Prajaniti dalam pengabdiannya bagi warga Hindu, masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Sekjen Prajaniti I Wayan Suyasa.

Gerakan membagi buku mendapat respon yang positif dari tokoh-tokoh dan warga Hindu. Pak Puliono, Ketua PHDI Kecamatan Tutur, Pasuruan, Jawa Timur, yang akrab disapa Gus Ipul, mengirim pesan langsung ke Ketua Umum Prajaniti, KS Arsana. “Untuk wilayah binaan saya Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan sangat kekurangan buku, Pak; mohon dikirim ke sini sebagaian bukunya. Umat di sini ada 747KK, ada 6 pura, 5 sanggar pamujan, dan 4 pasraman yang sudah berbadan hukum, tidak pernah tersentuh bantuan buku sama sekali.” Atas permintaan ini Ketua Umum Prajaniti berjanji mengoordinasikannya dengan Ketua DPD Prajaniti Jawa Timur, Agus Wijaya.

(AA Indah Pitasari/Jakarta)

 

 

 

[telah dibaca 55 kali]


Bagikan