Kunjungan ke Kantong Umat Sumatera Utara

Bagikan

Selama bulan September dan Oktober 2020 ini, PHDI bersama Plt. Pembimas Hindu dan Lembaga Hindu di Sumatera Utara melakukan kunjungan daerah ke beberapa kantong umat untuk melihat kondisi umat secara langsung.

Kunjungan dimulai pada Jumat, 18 September 2020 ke Pura Dharma Raksaka, Pegajahan, Perbaungan, Kab. Sergai. Terdapat 7 Kepala keluarga yang ada di sekitar pura ini. Pada kesempatan ini hadir Plt. Pembimas Hindu Sumatera Utara ibu Eli Rosa Tarigan, SE, Wakil Ketua PHDI M. Manogren dan Sekretaris PHDI Sumatera Utara A. Kalidas. Menurut infrmasi umat yang ada disini, persembahyangan rutin dilakukan setiap Purnama dan Tilem. Kondisi pura Perlu dicat karena sudah tampak pudar warna catnya.

Selanjutnya pada Minggu, 20 September 2020 kunjungan dilanjutkan ke Pura Persadanta Pintu Besi, Kab. Deli Serdang. Pura ini digunakan sebagai tempat persembahyangan untuk 15 Kepala Keluarga di sekitar pura. Pada kesempatan ini kunjungan dihadiri oleh Plt. Pembimas Hindu, Wakil Ketua dan Sekretaris PHDI, Pengurus WHDI, dan Ketua PSN Sumatera Utara Romo Mangku Surata, S.Ag. Kondisi pura saat ini, perlu renovasi kamar mandi, pagar, gudang belum diplester, cat pura tampak sudah pudar warnanya. Selain itu perlu penerangan listrik, kabel-kabel pada rusak. Di pura ini persembahyangan rutin dilakukan setiap Purnama dan Tilem.


Di hari yang sama juga dilaksanakan kunjungan ke Pura Siwa Sada, Kec. Namu Mirik Kab. Deli Serdang. Pura ini digunakan oleh 14 Kepala Keluarga. Kunjungan ini dihadiri oleh Plt. Pembimas Hindu, Ketua DPD Prajaniti Sumatera Utara  Matha Riswan, dan Sekretaris PHDI Sumatera Utara. Perlu renovasi pura karena kondisinya masih kurang bagus, belum ada masuk listrik, perlu dicat, atap dan pintu belum rapi. Demikian juga tempat dudukan untuk arca perlu dibuat secara permanen. Di pura ini prsembahyangan dilakukan rutin pada Purnama dan Tilem.

Pada Sabtu, 26 September 2020 kunjungan dilanjutkan ke Pura Arih Ersada, Kutalimbaru Kab. Deli Serdang. Terdapat 11 Kepala keluarga yang menggunakan pura ini. Pada kunjungan ini hadir Plt. Pembimas Hindu, Wakil Ketua dan Sekretaris PHDI Sumatera Utara. Menurut infrmasi umat yang ada disini, persembahyangan rutin dilakukan setiap Purnama dan Tilem. Perlu arca Ganesha dan dudukan yang permanen di pura ini.


Kunjungan selanjutnya dilakukan pada Minggu, 04 Oktober 2020 bertempat di Pura Pratama Bintang Meria, Kab. Tanah Karo. Jumlah umat di area pura ini sebanyak 31 Kepala Keluarga. Pada kunjungan ini hadir Plt. Pembimas Hindu, Wakil Ketua dan Sekretaris PHDI, Sekretaris WHDI Prema, Ketua PSN, Pengurus ICHI dan anggota Prajaniti Sumatera Utara. Hadir juga Ketua PHDI Kab Langkat Terang Are Surbakti dan Ketua PHDI Kab Tanah Karo Ngajar Bana Sinuraya. Perlu renovasi atap pura karena semua hancur. Selain itu lantai rumput perlu diganti dengan lantai semen, aliran listrik, air dan fasilitas kamar mandi juga belum ada. Pendeta perlu dibantu pakaian dan transportasi untuk membina umat setiap bulannya.

[telah dibaca 146 kali]


Bagikan