I Wayan Budhiarta Yasa Pimpin Prajaniti Sulawesi Selatan

Bagikan

Makassar – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para tokoh dan aktivis organisasi Hindu di Sulawesi Selatan untuk tetap menjalankan tata kelola organisasi dalam pelayanan warga. Pada 30 Agustus 2020, DPD Prajaniti Hindu Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan lokasabha secara virtual.

Lokasabha dilakukan secara virtual dan tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menyiasati kondisi pandemic covid-19. “Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus DPP Prajaniti Hindu Indonesia, dan mendapatkan penjelasan dari Sekjen Wayan Suyasa bahwa lokasabha secara virtual dimungkinkan karena sudah disiapkan edaran yang dibuat pada April 2020 agar roda organisasi tetap berjalan,” kata Dewa Nyoman Mahendra, SE.,MM, Ketua Panitia Lokasabha.

Panitia Lokasabha tetap menyiapkan materi dengan serius. Tim SC menyiapkan rancangan materi, tim OC menyiapkan teknis pelaksanaan, dan pengurus yang masih memegang mandat menyiapkan rancangan laporan pertanggungjawaban.

 

Lokasabha III Prajaniti Hindu Indonesia Sulasewi Selatan yang penyelenggaraannya dipusatkan di ruang Sekretariat Bersama PHDI Sulawesi Selatan diikuti oleh oleh 5 DPC yaitu Kota Makassar, Kabupaten Takalar, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur). Juga bergabung beberapa tokoh Hindu di Sulawesi Selatan seperti Kol. (Purn.) I Nyoman Suartha,S.Ip., Ketua PHDI Sulasewi Selatan I Nyoman Sumarya, pejabat Pembimas Hindu Sulasewi Selatan, dan Ketua DPD Prajaniti Sulasewi Selatan Dr. I Komang Mahawira, SH.,MH. Bergabung secara virtual Ketua Umum DPP Prajaniti Hindu Indonesia KS Arsana dan Sekretaris Jenderal Wayan Suyasa. DPP Prajaniti memberikan bantuan dana operasional kepada DPD Prajaniti Sulawesi Selatan melalui Panitia Lokasabha.

 

 

Meskipun pelaksanaannya diselenggarakan secara virtual, lokasabha berjalan hangat, tertib, dan seru. Peserta lokasabha dapat menerima pertanggungjawaban Pengurus DPD Prajaniti Sulasewi Selatan Masa Bhakti 2014-2019 dengan beberapa catatan. Ada tiga kandidat Bakal Calon Ketua, yaitu Drs. Made Merade, Nyoman Polih Wiracita, SE, dan I Wayan Budhiarta Yasa, ST. Setelah berbagai argument dan pertimbangan dikemukakan peserta, forum loksabha sepakat memilih I Wayan Budhiarta Yasa, ST sebagai Ketua DPD Prajaniti Sulasewi Selatan Masa Bhakti 2020-2025.

 

Ketua terpilih didampingi oleh 7 orang formatur dalam menyusun kepengurusan lengkap DPD Prajaniti Sulasewi Selatan Masa Bhakti 2020-2025. Terpilih sebagai Sekretaris I Kade Wijaya, S.Kep.,Ns.,M.Kep. dan sebagai Bendahara Putu Suardana, Amd.

Terpilih juga 10 Wakil Ketua yang bertanggung jawab pada masing-masing bidang, yaitu:

  • Wakil Ketua Bidang Politik dan Kesatuan Bangsa: Made Merada

  • Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi: Wayan Shantika, S.Kom.

  • Wakil Ketua Bidang Agama dan Lintas Iman: Komang Rinten

  • Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha Organisasi , Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi: Wayan Aria Humandika, Apt.

  • Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Komang Aryasa,S.Kom.,MT.

  • Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan: Komang Widya

  • Wakil Ketua Bidang Sosial, Budaya, dan Kearifan Lokal: Gusti Kadek Putra Wijaya

  • Wakil Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM): Made Wijaya, SH.

  • Wakil Ketua Bidang Hubungan Kelembagaan dan Komunikasi Publik: Putu Wiratnaya, S.Kom.,MT.

  • Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup: Subiyanto,S.Hut.

Sekretaris didampingi oleh Wakil Sekretaris yaitu I Ketut Bali Putra,ST.; sedangkan Bendahara didampingi Wakil Bendahara: Komang Astawa, ST. Pengurus juga dilengkapi dengan Penasehat dan anggota tim di setiap bidang.

(AA Indah Pitasari /Jakarta)

[telah dibaca 50 kali]


Bagikan