Bhagavad Gita sebagai Pemandu Kehidupan

Bagikan

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 53 Prajaniti, Prajaniti Hindu Indonesia menyelenggarakan 4 webinar nasional dengan tema yang berbeda di setiap minggunya. Webinar berupa bedah buku ebook “Managing by the Bhagavad Gita” merupakan webinar kedua dari seri empat webinar, diadakan pada Sabtu, 12 Juni 2021.

 

Ebook “Managing by the Bhagavad Gita – Timeless Lessons for Today’s Managers: Management, Change, Strategy and Positive Leadership” adalah buku karya Satinder Dhiman (School of Business Woodbury University Burbank, CA, USA) bersama A. D. Amar & W. Paul Stillman (School Of Business Seton Hall University South Orange, NJ, USA), diterbitkan oleh Springer Nature Switzerland AG, tahun 2019.

Made Saraswati Cyntia Dewantari, SE., sebagai moderator.

Webinar yang dipandu oleh Made Saraswati Cyntia Dewantari, SE., sebagai Moderator menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Drs. Putu Panji Sudira, M.P, IK Budiasa, ST., MM, dan I Made Andi Arsana, Ph.D. Lebih dari 100 perserta dari berbagai provinsi bergabung pada webinar ini.

Dalam rangkaian Pembukaan webinar, Ketua Umum DPP Prajaniti KS Arsana dan Ida Bagus Nugraha (wakil Sekjen Bidang Agama & Lintas Iman) DPP Prajaniti memberikan sambutan dalam webinar ini. Disampaikan bahwa bedah buku ini dilakukan karena pada ebook “Managing by the Bhagavad Gita” ini disajikan prinsip-prinsip mendasar nilai-nilai spiritual Hindu yang dapat dipakai sebagai pegangan dan pemandu kehidupan.

Prof. Dr. Drs. Putu Panji Sudira, M.P, sebagai Narasumber 1.

Sesi pertama webinar diisi oleh Prof. Dr. Drs. Putu Panji Sudira, M.P, Guru Besar Universitas Negri Yogyakarta. “Memimpin bukan lagi membangun pengaruh atas kekuasaan kepada orang-orang yang dipimpin. Memimpin memberdayakan kesadaran swadharma diri dan orang-orang yang dipimpin” Kata Prof. Panji Sudira.

IK Budiasa, ST., MM., sebagai Narasumber 2.

Sesi kedua diisi oleh IK Budiasa, ST., MM., Sekjen Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) yang membahas isi Chapter 3 e book, yaitu “Doing the Right Thing: The Ethical Philosophy of The Bhagavad Gita”. Pada pemaparan materi yang disampaikan, Budiasa dengan bernas menjelaskan etika kehidupan berlandaskan nilai-nilai spiritual dalam Bhagavad Gita, yang dikaitkannya dengan bagaimana implementasi praktis Bhagavad Gita dalam pengalaman pribadi baik di organisasi sosial maupun secara profesional di korporasi.

I Made Andi Arsana, Ph.D, sebagai Narasumber 3.

Pada sesi terakhir diisi oleh I Made Andi Arsana, Ph.D, intelektual muda Hindu dan Akademisi UGM yang memiliki realasi kuat di Jaringan internasional. Made Andi membahas tentang “Training the Mind for the Knowledge and Creative Work in Managing by The Bhagavad Gita]”. Disampaikannya pentingnya menata ulang pikiran kita agar murni dan jernih sebagai landasan perilaku.

Setelah semua narasumber selesai memaparkan materi, peserta dengan antusias menyampaikan pertanyaan kepada narasumber sehingga webinar ini berlangsung sangat aktif. Diskusi interaktif antara para narasumber dan peserta berlangsung seru dan banyak memberi pencerahan.

( AA Indah Pitasari /Jakarta)

[telah dibaca 27 kali]


Bagikan