Menag Yaqut Siap Jadikan Candi Prambanan Sebagai Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia

Bagikan

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan saat ini tengah mempersiapkan Candi Prambanan sebagai pusat ibadah umat Hindu di Indonesia.
“Mengenai Prambanan, itu sudah kami siapkan,” kata Yaqut di Gedung DPR RI saat menggelar rapat bersama komisi VIII, Kamis (8/4).

Sebelum itu, anggota Komisi VIII Fraksi PDIP Komang Kohaeri mengusulkan untuk menjadikan Candi Prambanan sebagai pusat ibadah umat Hindu.

“Alangkah indahnya bagaimana kalau Candi Prambanan juga dijadikan pusat ibadah umat Hindu nusantara, mungkin nanti jadi juga Umat Hindu di seluruh dunia jadi rujukan,” kata Komang di Gedung DPR, Senayan.

“Sehingga akan, kalau tidak hanya jadi tempat wisata dan yang sangat miris bahwa kaum-kaum agama Hindu, ketika dia melakukan ritual tidak bisa masuk karena alasan menjadi apa namanya sebagai kawasan wisata,” sambungnya.

Umat Hindu berjalan menuju candi saat upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (13/3). Foto: Hendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO

Menag Yaqut mengungkapkan, persiapan itu tengah dia lakukan sebelum anggota DPR Komisi VIII tersebut mengusulkan terkait Candi Prambanan yang akan dijadikan sebagai tempat ibadah.

“Soal Prambanan kita sudah siapkan, jadi tinggal jalan. Jadi jangan khawatir karena kita akan mengafirmasi semua agama. Jadi sebelum bapak bertanya, kita sudah laksanakan kira-kira begitu. Ya sesuai permintaan tadi,” kata Menag Yaqut.

Sementara itu Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementeriam Agama RI sudah membentuk Tim Kerja lintas-ormas Hindu untuk menjadikan Candi Prambanan sebagai Pusat Ibadah Hindu Nusantara dan Dunia. “Harapannya, pemasukan devisa negara bertambah melalui persembahyangan dan wisata spiritual oleh warga Hindu dunia,” kata Seto.

( AA Indah Pitasari, Jakarta)

Sumber berita:
* www.cnninfonesia.com
* www.detik.com
* www.kumparan.com

[telah dibaca 8 kali]


Bagikan