Membangun Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan

Bagikan

Dalam rangka HUT ke 53 tahun Prajaniti, Prajaniti di seluruh Indonesia melakukan pembagian Buku Saku Spiritual Generasi Emas Hindu Nusantara sebanyak lebih dari 2.000 buku ke seluruh Indonesia, bhakti sosial kemanusiaan donor darah, dan serangkaian webinar. Webinar dengan topik “Membangun Pusat Pengembangan Karir & Kewirausahaan di PTKH” diadakan pada Jumat, 18 Juni 2021, atas kerjasama Prajaniti dengan Dosen Hindu Indonesia (DHI). Webinar ini merupakan webinar ke 3 dari 4 webinar yang diselenggarakan sepanjang Juni 2021.

Webinar yang dipandu Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M., Ketua Bidang Kewirausahaan DPP Dosen Hindu Indonesia, sebagai Moderator menghadirkan 3 narasumber yaitu Made Santika, S.sos., M.Si., Pande Kadek Yuda Bakti, dan Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS.

Dalam rangkaian pembukaan webinar, Ketua Umum DPP Dosen Hindu Indonesia Drs. Agus Wijaya, S.Pd., S.Ag., M.M., M.Si., dan Ketua Umum DPP Prajaniti KS Arsana memberikan sambutan dalam webinar ini. “Kami berkomitmen seperti apapun semangat teman-teman, seperti apapun keterbatasan teman-teman di perguruan tinggi Hindu. Kami siap menjadi mitra, pendamping dalam membangun pusat pengembangan karir dan kewirausahaan di kampus Hindu,” kata kedua pimpinan ormas Hindu ini.

Made Santika, S.sos., M.Si., sebagai Narasumber 1.

Sesi pertama webinar ini diisi oleh Made Santika, S.sos., M.Si., Plh Direktur Pendidikan yang mewakili Dirjen Bimas Hindu Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc. Dalam pemaparannya, Santika menjelaskan mengenai konsep dasar kewirausahaan dan mekanisme pelaksanaan kegiatan wirausaha dalam Kampus Merdeka Belajar.

Pande Kadek Yuda Bakti sebagai Narasumber 2.

Sesi kedua webinar ini diisi oleh Pande Kadek Yuda Bakti, Ketua Bidang Pengembangan Usaha DPP Prajaniti. Dalam pemaparannya, Pande KYB mengatakan bahwa DPP Prajaniti siap membantu PTKH dalam mengembangkan kewirausahaan di masing-masing kampus Hindu tersebut. Saat ini, DPP Prajaniti bekerja sama dengan lembaga profesional Successful Business 360 telah memiliki program pelatihan kewirausahaan dan memberikan Beasiswa Pelatihan Kewirausahaan bagi warga Hindu dari seluruh Indonesia. Disampaikannya terdapat 3 program kewirasahaan yang dimiliki Prajaniti, yaitu Securing Start, Leveraging Perfomance, dan Mastering Growth.

Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS., sebagai narasumber 3.

Sesi Ketiga webinar ini diisi oleh Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS., Rektor Universitas Hindu Indonesia. Dalam pemaparannya, Prof Damriyasa menyampaikan informasi tentang strategi yang diterapkan UNHI dalam melakukan transformasi agar UNHI menjadi Perguruan Tinggi Hindu unggulan dengan kewirausahaan sebagai salah satu unggulannya.

Antusiasme peserta dari berbagai daerah yang mengikuti webinar sangat tinggi. Diskusi interaktif antara para narasumber dan peserta berlangsung seru dan banyak memberi pencerahan mengenai kewirausahaan dan pentingnya PTKH memikirkan karir para lulusannya.

( AA Indah Pitasari / Jakarta)

[telah dibaca 16 kali]


Bagikan