Kegiatan Vaksinasi Tokoh Lintas Agama

Bagikan

Pada hari Rabu dan Kamis tanggal 3 dan 4 Maret 2021 dilakukan vaksinasi tokoh Agama Hindu yang diwakili oleh salah satunya DPP Prajaniti Hindu Indonesia sebanyak 15 orang dan DPD Prajaniti Hindu Indonesia Provinsi DKI Jakarta sebanyak 35 orang yang telah divaksin.

Dalam wawancara online, Ketua Umum DPP Prajaniti Hindu Indonesia, KS Arsana, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo yang melalui Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI memberi prioritas kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan Hindu dapat divaksin. Sekalipun mengantri cukup lama namun vaksinasi berjalan tertib dan lancar berkat kesadaran masyarakat dan disiplin yang diterapkan oleh panitia dan petugas keamanan. KS Arsana pun memuji tenaga medis yang melayani dengan ramah dan komunikatif saat melakukan tugasnya.

Dan menurut KS Arsana, kegiatan ini juga bisa berjalan dengan baik karena ada support dari tim Prajaniti DKI Jakarta dibawah komando Made Widhi yang menjadi relawan mengkoordinasikan vaksinasi ini di tokoh Hindu wilayah DKI Jakarta. “Salut untuk Prajaniti DKI!”, ungkap ketua umum DPP Prajaniti Indonesia.

Kegiatan pekan Vaksin Covid 19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kementerian Agama bagi Tokoh Agama di Basement 1 Masjid Istiqlal, Jakarta sudah dimulai sejak 23 Februari 2021. Menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang dilansir dalam website resmi Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya vaksinasi untuk pemuka agama tapi vaksinasi ini bertujuan untuk merajut kebersamaan dari seluruh keberagaman.

Tujuan vaksinasi tidak lain untuk mendorong terbentuknya herd immunity sehingga dapat menekan pertumbuhan penderita dan kematian yang diakibatkan oleh virus covid 19 di kalangan tokoh agama yang notabene langsung bersentuhan dan sering berinteraksi dengan banyak orang pada level akar rumput. Secara teknis pelaksanaan vaksinasi dilakukan melalui 5 tahapan, tahapan pertama penerima vaksinasi menuju ke Meja 0 untuk verifikasi data, tahapan kedua dilanjutkan ke Meja 1 untuk pendaftaran, tahapan ketiga ke Meja 2 untuk skrining kesehatan, tahapan keempat ke Meja 3 vaksinasi, dan tahapan terakhir observasi.

Made Widhi, ketua Prajaniti DKI juga menyampaikan ke rekan-rekan Prajaniti DKI Jakarta untuk mendukung kegiatan vaksinasi dan menyarankan kepada masyarakat agar mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Dan diharapkan setelah divaksin selalu terapkan protokol 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak), ungkapnya.

Foto Kegiatan Vaksinasi Tokoh Agama Hindu

[telah dibaca 83 kali]


Bagikan