Kampung Bali Kota Bekasi

Bagikan

Kampung Bali, itulah nama yang melekat pada lingkungan tempat tinggal warga RT 011 RW 09 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Pasalnya, lingkungan di wilayah tersebut sangat lekat dengan nuansa Bali.

Wakil Walikota Bekasi yang juga Ketua Dewan Penasehat DPC Prajaniti Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto dalam sambutannya sangat apresiasi serta merasa kagum dan akan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata baru yang perlu dikembangkan dalam mencanangkan giat destinasi wisata di Kota Bekasi. Dalam arahannya Pak Tri meminta DPC Prajaniti supaya mengawal serta memberikan pendampingan.

Ketua DPC Prajaniti Kota Bekasi Ketut Gunarta turut mendampingi Bapak Wakil Walikota serta mengajak Wakil Ketua DPC Putu Artika, Wakil Ketua Bidang Ekonomi Agung Putu Wira Kusuma, dan Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Lintas Iman Ni Luh Ayu Suka Adnyani

“Ini akan menjadi satu destinasi yang baik, yang perlu dikembangkan. Dimana keberagaman yang ada di sekitar kita ini perlu dimaksimalkan,” ujar Pak Tri saat meninjau secara langsung kegiatan warga Kampung Bali pada Minggu (6/8/2020).

Pak Tri mengungkapkan, dengan munculnya Kampung Bali ini dirasa penting dalam meningkatkan perekonomian warga terutama di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif sesuai dengan program pemerintah. Masyarakat cukup datang ke Kampung Bali untuk menikmati nuansa Pulau Dewata dan tidak perlu repot-repot ke Denpasar terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Karena sekarang masih Covid, gak perlu ke Denpasar. Cukup ke Jalan Merpati (Kampung Bali), nah di sini kita bisa merasakan nuansa Bali. Nuansa Balinya sama persis, kalau saya rasa ini kaya Kuta” ujar Pak Tri.

Selain itu, Ketua RW 09 Kadri Purnomo menyatakan, di Kampung Bali tidak hanya menyajikan pemandangan rumah-rumah khas Bali saja, tetapi juga menyajikan kesenian dan kerajinan khas Bali.

“Di Kampung Bali ini juga ada sanggar tari, kemudian ada kerajinan khas Bali seperti patung dan pembuatan taman,” ujarnya.

Diketahui, kampung yang berada di Jalan Merpati Bali RT 011 RW 09 ini sudah lama ada, yaitu sejak tahun 1990-an namun tidak terekspos oleh publik.

Hingga saat ini, lingkungan Kampung Bali dihuni oleh 60 persen masyarakat yang berasal dari Pulau Bali.

Warga berharap Kampung Bali bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang berbasis keberagaman dan kebudayaan di Kelurahan Harapan Jaya dan khususnya di Kota Bekasi.

Disaat mengiringi perjalanan pamit menuju mobil dinas, Pak Wakil Walikota serius meminta Prajaniti untuk membuat koperasi dikarenakan ada anggaran daerah yang bisa dimanfaatkan, baik anggaran yang bersifat lunak bergulir setiap tahun maupun program-program dari dinas Koperasi lainnya

[telah dibaca 67 kali]


Bagikan