Dua Pimpinan Prajaniti Berbagi di IPB

Bagikan

Mahasiswa Hindu di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) IPB menggelar seminar virtual (webinar) Minggu, 9 Mei 2021. Webinar ini merupakan rangkaian kegiatan Kajian Bersama (KARMA) KMHD IPB tahun 2021.

KARMA merupakan program kreatif KMHD IPB yang diadakan setiap tahun sekali. Webinar KARMA KMHD IPB Tahun 2021 mengambil tema “Jarak, Pendewasaan dan Inovasi”. Dua narasumber yang diundang Panitia adalah KS Arsana dan IPG Mudarsa. Kedua narasumber adalah pengurus DPP Prajaniti Hindu Indonesia.

Rektor IPB Prof Arif Satria (atas,nomor 2 dari kanan) memberi sambutan dan membuka Webinar KARMA KMHD IPB.

Sekalipun diadakan secara virtual, kegiatan webinar diminati banyak peserta. Tercatat 182 peserta yang mengikuti webinar. Webinar dibuka secara resmi oleh Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi. Dalam sambutannya, Rektor IPB Prof. Arif Satria menyampaikan terima kasih atas kreativitas mahasiswa KMHD IPB dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan melalui Kajian Bersama (KARMA). Prof. Arif Satria juga menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 bukan hambatan untuk tetap dan terus berkreativitas. “Pandemi Covid-19 ini tergantung sikap mental kita, mindset kita. Bila kita memiliki Fixed Mindset, pandemi kita sikapi sebagai masalah, bila kita memiliki Growth Mindset pandemi kita sikapi sebagai peluang.”

Konsep konstruksi manusia menurut Weda disampaikan oleh KS Arsana.

KS Arsana, Ketua Umum DPP Prajaniti yang juga Managing Director HumanDynamics, yang membawakan materi “Indahnya Jarak bagi Pendewasaan dan Kreativitas” menyampaikan bahwa jaga jarak sebagai dampak dari Pandemi Global Covid-19 adalah cara alami untuk menjadikan manusia lebih punya waktu bagi dirinya sendiri, lebih punya waktu berhening diri melakukan kontemplasi, mindfulness. “Kebetulan materi yang saya siapkan ada bagian tentang mindset seperti yang sudah disampaikan Rektor IPB Prof. Arif Satria. Bila pandemi kita sikapi dengan Fixed Mindset, maka hal ini akan menjadi sumber awal timbulnya gangguan mental seperti distress, rasa kesepian, gangguan konsentrasi, gangguan tidur, dan gangguan emosional lainnya. Sebaliknya, bila pandemi kita sikapi dengan Growth Mindset maka pandemi menjadi sarana untuk kita bertumbuh-kembang menjadi lebih dewasa dan lebih kreatif-inovatif,” kata KS Arsana.

IPG Mudarsa, Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausaan DPP Prajaniti yang juga Founder BusinessUp 5.0 menyampaikan berbagai tips praktis dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi di masa pandemi. Bahkan, IPG Mudarsa mengaitkan kreativitas dan inovasi yang dapat dilakukan dengan membangun usaha-usaha mandiri yang menghasilkan.

Pada akhir webinar, KS Arsana menawarkan ajakan agar kegiatan KARMA dilakukan tidak hanya setahun sekali, namun ditingkatkan menjadi 3 bulan sekali. “Saya siap berbagi di KARMA tentang pengembangan diri melalui webinar tentang soft-skills secara rutin tiga bulan sekali”, kata KS Arsana. Sedangkan IPG Mudarsa memberikan doorprize berupa kesempatan bagi satu peserta mengikuti secara gratis pelatihan dan inkubasi bisnis yang diadakan oleh Successful Business 360. Terpilih sebagai penerima doorprize adalah Sang Ayu Made Sri Tandewi.

Lukisan foto KS Arsana yang diberikan Panitia Webinar KARMA KMHD IPB.

Lukisan Foto IPG Mudarsa yang diberikan Panitia Webinar KARMA KMHD IPB. 

Webinar KARMA Tahun 2021 diakhiri dengan pengumuman dan pembagian hadiah berbagai lomba yang diadakan Panitia.

(AA Indah Pitasari/Jakarta)

[telah dibaca 72 kali]


Bagikan