Beasiswa Kewirausahaan Prajaniti

Bagikan

DPP Prajaniti Hindu Indonesia melalui Tim Ekonominya yang dipimpin oleh duet Ketua I Putu Mudarsa dan Pande Kadek  Yuda Bakti didampingi Ni Made Setiasih, Putu Mukunda Padma, dan Yadu Nandana memberikan Beasiswa Pelatihan Kewirausahaan kepada warga Hindu dengan mensponsori dan menanggung biaya pelatihan bagi warga Hindu yang berminat mengikuti pelatihan kewirausahaan. Program pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi warga Hindu, sehingga diharapkan dengan adanya program ini dapat menumbuhkan minat generasi muda Hindu menjadi entrepreneur yang dapat menciptakan Start Up yang berkualitas.

Peserta Securing Start-Batch 1

Pada tahun 2020 lalu, Prajaniti memberikan beasiswa Kewirausahaan kepada 11 orang dari berbagai provinsi. Sedangkan di Tahun 2021, program pelatihan yang dimulai pada 4 Juni 2021, diikuti oleh 23 peserta, dengan 11 orang adalah peserta Beasiswa Kewirausahaan Prajaniti dari Banten, Depok, Bogor, Malang, dan Bali.

Securing Start Business Coach

Prajaniti bekerja sama dengan lembaga profesional Inkubator Bisnis & Digital Training Successful Business 360. Successful Business 360 menyelenggarakan Program Pelatihan Kewirausahaan secara virtual, dengan para business coach yang berpengalaman di bidang bisnis sebagai pelatih. Nama program pelatihan adalah Securing Start, yang ditujukan bagi pemula di bidang bisnis. Dalam pelatihan ini, terdapat 12 kali pertemuan yang akan membahas 12 topik berbeda di setiap minggunya. Pelatihan ini diadakan setiap hari jumat pukul 18.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Calender Agenda Securing Start Batch 2.

Program pelatihan Securing Start Angkatan 2 Tahun 2021 ini sudah memasuki pertemuan ke 4, dimana pada pertemuan pertama membahas mengenai Compassion in Business yang dimentori oleh Coach Hendranto Adhi. “Compassion adalah kekuatan yang luar biasa yang membuat kita memiliki growth mindset, memiliki strategic thinking untuk menjadi profesional ataupun menjadi wirausahawan sukses” kata Coach Adhi.

Di pertemuan kedua, pelatihan ini membahas mengenai Filosofi Bisnis & Critical Thinking yang dimentori oleh Coach IPG Mudarsa dan Coach PK Yuda Bakti. “ Filosofi bisnis menjadikan bisnis memiliki ruh, memiliki jiwa; yang membuat bisnis senantiasa bertumbuh kembang” ucap Coach Mudarsa.

Coach Pande KYB mengatakan bahwa berpikir secara kritis akan membuat kita keluar dari zona nyaman, dimana dasar dari pemikiran kritis adalah empati. Tanpa empati tidak akan ada kemampuan berpikir kritis.

Di pertemuan ketiga, pelatihan ini membahas mengenai Successful Business Mentality yang dimentori oleh coach KS Arsana, Business Coach yang juga Ketua Umum Prajaniti, dan Coach Yadu Nandana. “Sukses adalah pilihan. Tidak ada seorangpun yang dapat menghalangimu meraih sukses kecuali dirimu sendiri. Membangun mentalitas wirausaha sukses adalah membangun kesuksesan dalam bisnis dan hidup anda” Kata Coach KS Arsana.

Di pertemuan keempat, pelatihan membahas topik Selecting Your Business yang dimentori oleh Coach PK Yuda Bakti. Dalam pertemuan ini, Coach Pande menjelaskan bagaimana cara untuk melihat peluang, cara memilih dan menetapkan bisnis, dan cara memulai bisnis.

Selain pelatihan secara virtual, para peserta juga diberi bimbingan dan motivasi dengan memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi.

( AA Indah Pitasari / Jakarta)

[telah dibaca 102 kali]


Bagikan